Sebelum mengetahui alasan menggunakan basis data lebih baiknya kita mengetahui apa basis data itu. Basis data adalah sekumpulan data yang saling berhubungan serta terorganisir agar dapat dimanfaatkan kembali dengan mudah dan cepat.
Kenapa menggunakan basis data?
Setiap hari kita berurusan dengan data yang sangat banyak pada sebuah perusahaan, instansi ataupun data pribadi. dan data tersebut harus dikelola dengan baik agar tetap terorganisasi dengan baik sehingga ketika kita membutuhkan kembali data tersebut dengan cepat kita akan dapat menemukannya.
Pada perusahaan yang besar telah memiliki banyak data yang harus disimpan dalam jumlah besar karena begitu banyak transaksi bisnis yang harus dicatat untuk kepentingan administratif. Terdapat begitu banyak data sehingga data tersebut akan kacau jika tidak adanya pengorganisan data yang efektif dan efisian. Agar data tersebut terorganisasi dan tidak mengalami kekacauan maka data perlu adanya cara untuk mengelola data tersebut salah satunya adalah dengan basis data. Basis data terdiri dari berbagai bagian dari sebuah data yang terkumpul dan terorganisasi, mempunyai spesifikasi untuk masing-masing field data. Field-field data tersebut akan bergabung menjadi sebuah file.
Untuk mengetahui alasannya berikut adalah beberapa keuntungan yang diberikan oleh sistem basis data :
  1. Tidak tergantung pada program
    Jadi, dalam membuka data yang tersimpan tidak harus menggunakan program tertentu. Berbeda jika kita menggunakan program yang dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu, dan kita menyimpan sebuah data. Maka data yang tersimpan tersebut harus dibuka dengan program tertentu. Bila kita membuka data tersebut pada komputer yang lain belum tentu dapat dibuka, namun denga basis data, data yang tersimpan dapat dibuka dikomputer yang lain.
  2. Kemudahan
    Dengan basis data kita dapat memanfaatkan untuk menyimpan data, serta melakukan manipulasi terhadap data tersebut atau menampilkan kembali data tersebut dengan mudah dan cepat.
  3. Shared
    Data dapat dipakai bersama-sama dengan berbagai komputer yang berbeda. Artinya setiap komputer dapat mengakses data di basis data. Karena data hanya tersimpan di server.
  4. Keamanan
    Dengan menggunakan sistem manajemen basis data, kita dapat mengatur siapa saja yang boleh mengakses data, apa saja yang dapat diakses oleh user. Sehingga data-data dapat teratur dan terjaga kerahasiaannya oleh orang-orang tertentu.
  5.  Keakuratan & ketersediaan data
    Jadi kita dapat membuat kode unik untuk menentukan keakuratan pada saat penyimpanan data dan pengambilan data sehingga tidak terjadi kekeliruan data. Seiring berjalannya waktu data yang tersimpan di server akan semakin besar dan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Data yang sudah tidak lagi digunakan dapat di atur dan diseleksi untuk dipindahkan ke media penyimpanan lain ataupun dilakukan penghapusan.

Berikut juga beserta kekurangan dari sistem basis data :

  1. SDM khusus
    Sistem basis data membutuhkan seorang yang memahami sistem manajemen basis data dengan baik agar dapat memaksimalkan sepenuhnya, baik itu merancang dan mengelola sistem basis data.
  2. Mahal
    Jika kita ingin membangun sebuah sistem basis data, dibutuhkan biaya yang mahal untuk penyediaan Hardware, software dan admin yang mengelola sistem basis data ini.
  3. Memerlukan tempat khusus untuk server
    Jadi ruang server yakni tempat untuk menyimpan seluruh data harus memiliki ruangan yang memadai dan suhunya harus diatur dan ini membutuhkan biaya untuk penyediaan tempatnya juga
Basis data : kenapa menggunakan basis data?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.