Sering kita mendengar orang ingin kaya, ada beberapa sebab orang belum kaya akan saya bahas pada artikel yang lain. Ada perbedaan yang paling mendasar antara orang kaya dengan orang sukses yaitu orang suskses sudah pasti kaya dan orang kaya belum tentu sukses.

Menurut Dr. Andrew Ho, beliau membahas tentang satu topik yang sangat menarik di buku beliau, Membahas tentang 8 aspek kehidupan. 8 aspek kesuksesan. Orang kaya diidentikkan dengan materi. Karena penekanan konotasi dalam bahasa indonesia, “kaya” itu bisa juga memiliki arti banyak. “Kaya hati”, “kaya harta”, “kaya teman”. tetapi kalau dalam bahasa indonesia, kaya itu diidentikkan dengan materi.

Namun rupanya materi itu cuma satu dari 8 aspek yang dibahas disini. Berikut adalah 8 aspek kesuksesan:

8 aspek kesuksesan

  1. Aspek yang pertama adalah MATERI atau FINANSIAL

    Tidak salah menjadi orang yang kaya raya bahkan menurut saya menjadi kaya raya itu sebuah keharusan. karena banyak sekali permasalahan yang dimiliki orang yang tidak kaya. Anda harus menjadi orang yang sangat kaya raya.

  2. Aspek yang kedua adalah KESEHATAN

    Apa artinya memiliki kekayaan (Materi) yang banyak tapi anda tidak memiliki kesehatan. Ada banyak orang kaya yang rumahnya mewah mobilnya banyak, perusahaannya sukses tapi setiap hari dia harus minum obat kencing manis, setiap hari harus minum obat darah tinggi dan kolesterolnya selalu melebihi batas.

    Oleh sebab itu tidak ada gunanya menjadi orang kaya namun anda tidak memiliki kesehatan yang prima. Oleh sebab itu harus rajin menjaga pola hidup.

    Banyak orang yang berobat di singapore dan isinya mereka semua adalah orang Indonesia yang kaya raya.

  3. Aspek yang ketiga adalah REKREASI

    Untuk apa hari ini anda punya kekayaan banyak tapi anda tidak punya waktu untuk menikmatinya. Rekreasi itu sangat penting, aspek yang ketiga. karena rekreasi itu meruakan tempat untuk anda mencari inspirasi. tempat untuk anda mereset stress anda, depresi anda, kecemasan anda dipekerjaan. Maka dari itu rekreasi sangatlah penting treveling juga dapat memberikan kita ketenangan dan mendapatkan kita inspirasi melalu treveling. Jadi sangat penting.

    Banyak  Pengusaha mereka tidak ada waktu untuk rekreasi. Karena, waktunya sudah tersita untuk ditoko, di perusahaan. Untuk apa mereka bekerja akhirnya jatuh sakit dan mereka rekreasi untuk berobat.

  4. Aspek yang keempat adalah SPIRITUAL

    Spiritual disini bukan masalah agama spiritual disini berbicara soal bagaimana anda meningkatkan hubungan anda bersama tuhan. Dan spiritual disini bukan berarti ibadah. Tetapi adalah kualitas perkembangan diri anda. Apakah anda bisa mengendalikan emosi anda lebih baik. Buat apa anda rajin beribadah namun masih suka bertengkar dengan saudara. Buat apa hari ini anda rajin beribadah tapi anda tidak baik dengan orang tua anda tidak bernah berkomunikasi. Buat apa anda hari ini setiap hari membaca kitab suci tetapi anda sendiri tidak berbicara pada istri anda.

    Itu merupakan kualitas spiritual yang sangat jelek. Spritiual berarti  “Spirit” berbicara soal jiwa bukan hanya ritual. Karena ritual itu tidak ada sipiritnya. Tapi kalau spiritual itu ada kata spiritnya. Spirit disini berbicara soal bagaimana anda memiliki pribadi yang lebih baik. kualitas anda yang lebih baik dari tahun ke tahun.

  5. Aspek yang kelima adalah aspek KARIR

    Jadi kari itu harus dan wajib menurut saya, terutama seorang laki laki. Karena anda adalah kepala rumah tangga, anda harus memiliki karir yang baik. Sekarang banyak sekali laki-laki itu terbalik yang punya karir adalah wanitanya laki-lakinya tidak punya karir. Ini menurut saya belum sukses. Wanita itu sejatinya menjaga rumah tangga dan laki -laki itu adalah kepala rumah tangga dan harus punya karir.

    Tetapi ingat setelah anda punya karir jangan lupa dengan keluarga anda.

  6. Yang keenam yaitu KELUARGA

    Banyak orang yang kaya tapi keluarganya tercerai berai, hubungan dengan pasangannya tidak baik, hubungan saudaranya seperti kucing sama anjing. Banyak orang kaya, materi berlimpah tapi mereka sama sekali tidak punya hubungan yang harmonis dengan anak-anaknya. Jadi ini dia cuma orang kaya tapi tidak sukses. Untuk apa hari ini anda punya deposito trilliunan tapi anda tidak berbicara dengan istri atau suami, hubungan dengan anak juga keras.

    Jadi, aspek keluarga ini juga sangat penting.

  7. Yang ketujuh adalah PENGEMBANGAN DIRI

    Salah satu menjadi kunci utama wirausahawan adalah menjadi entrepreneur sukses dan pengembangan diri. Jangan berharap anda bisa jadi pengusaha suskses kalau diri anda tidak berkembang dari waktu ke waktu. Karena pengusaha itu harus selalu berkembang.

    Menjadi pengusaha kalau tidak berkembang, TIdak usah menjadi pengusaha. jadilah pesuruh saja karena anda tidak perlu mengembangkan diri anda.

    Kalu anda mau terus bertumbuh dan berkembang maka pengembangan diri itu wajib. Untuk apa banyak uang tapi diri anda tidak berkembang.

  8. Yang kedelapan adalah RELATIONSHIP atau HUBUNGAN SOSIAL

    Sekalipun anda sukse, kaya raya, jangan lupakan hubungan sosial. Banyak orang kaya, mobil mewah, rumah mewah dan deposito banyak tapi tidak punya teman, kesepian, seorang diri dirumah. Temannya hanya anjing dan rumah. Banyak.

    Ini tidak baik kalau bisa anda memiliki hubungan yang baik juga dengan sesama. Saya akan membahas tiga jenis teman di lain kesempatan.

Berikut diatas merupakan rincian dari 8 aspek kesuksesan bisa menjawab apa beda orang kaya dan orang sukses. Sekian terimakasih.

8 Aspek Kesuksesan
Tagged on:                 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.